TUGAS MATA KULIAH
STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Oleh:
HIDAYATUL ILMIAH
122074044
PB 2012
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS
BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS
NEGERI SURABAYA
2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMKN 1 Cerme
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/Gasal
|
Materi
Pokok
|
:
|
Teks Prosedur Kompleks
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
2 Pertemuan (4 x 45 menit)
|
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
2.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun
dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat teks prosedur kompleks
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks prosedur kompleks baik
melalui lisan maupun tulisan
1)
mengidentifikasi prosedur pengurusan SIM
2)
mengidentifikasi syarat-syarat yang penting untuk dipersiapkan dalam
mengurus SIM
3)
mendidentifikasi langkah-langkah penerimaan siswa baru
4)
mengetahui prosedur pengurusan e-KTP
4.1 Menginterpretasi makna teks prosedur
kompleks baik secara lisan maupun tulisan
1)
membuat dan mendemontrasikan prosedur pengurusan SIM
2)
memroduksi atau membuat prosedur penerimaan siswa baru
3)
membuat dan mendemotrasikan prosedur pengurusan e-KTP
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Selama dan setelah proses pembelajaaran, peserta didik
dapat mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan Bahasa Indonesia dan
menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
2. Selama
dan setelah proses pembelajaran peserta didik memiliki dan menunjukkan sikap
tanggung jawab, peduli, responsive dan santun dalam menggunkan bahasa Indonesia
untuk kerja sama membangun teks prosedur kompleks
3. Setelah
membaca cara mengurus SIM, peserta didik dapat mengidentifikasi prosedur
pengurusan SIM
4. Setelah
membaca cara mengurus SIM, peserta didik dapat memahami syarat-syarat
pengurusan SIM
5. Setelah
memahami prosedur pengurusan
SIM, peserta didik mampu
mendemonstrasikan prosedur pengurusan SIM
6. Setelah
membaca langkah-langkah penerimaan Peserta Didik Baru, peserta
didik dapat memahami prosedur penerimaan
Peserta Didik Baru
7. Setelah
membaca, peserta didik dapat mengetahui prosedur pengurusan e-KTP
8. Setelah
membaca petunjuk pengurusan e-KTP
peserta didik dapat membuat teks prosedur pengurusan e-KTP
9. Setelah
memahami prosedur penerimaan peserta didik baru, peserta didik mampu
mendemonstrasikan prosedur penerimaan peserta didik baru
10. Setelah
memahami prosedur pengurusan e-KTP,
peserta didik mampu mendemonstrasikan prosedur pengurusan e-KTP.
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Teks Cara Mengurus SIM
2.
Teks Penerimaan Peserta Didik Baru
3.
Teks Proses Pengurusan e-KTP
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Strategi : PAIKEM
3. Metode : Tanya jawab,
diskusi, unjuk kerja
F.
Media
dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Pembelajaran :
a. Laptop
b. LCD
c. Teks Prosedur Kompleks
2. Sumber
Pembelajaran :
a.
Buku Teks Siswa Bahasa Indonesia:
Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X
b. Media Cetak
c. Internet
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
1.
Guru menyapa peserta
didik dengan mengucapkan salam
2.
Salah seorang peserta didik
memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
3.
Guru menjelaskan tema dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai “Teks prosedur kompleks dengan memperhatikan
aturan penulisan teks prosedur kompleks yang benar serta menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar”.
4.
Guru mengarahkan peserta didik tentang materi pelajaran “Menjadi Warga yang Baik” sehingga peserta
didik dapat mengembangkan sikap peduli, kerja sama, santun, jujur, dan
tanggung jawab melalui kegiatan belajar teks prosedur kompleks.
|
10 menit
|
INTI
Pertemuan Kesatu
|
1. Guru bertanya kepada siswa apa syarat utama seseorang mengendarai
kendaraan bermotor?
2.
Peserta didik menjawab pertanyaan
guru tentang syarat utama seseorang mengendarai kendaraan bermotor
3.
Peserta
didik membaca teks cara mengurus SIM
4.
Peserta
didik menjelaskan langkah-langkah/prosedur pengurusan SIM C secara
tertulis
5. Guru bertanya kepada siswa bagaimana prosedur penerimaan peserta didik
baru?
6.
Peserta
didik menjawab pertanyaan guru tentang proses/prosedur penerimaan siswa baru
di SMK yang pernah ditempuhnya.
7.
Peserta
didik melengkapi bagan prosedur penerimaan peserta didik baru
8.
Peserta
didik menyusun teks prosedur pendaftaran peserta didik baru dengan berpedoman
pada bagan
9.
Peserta
didik mendemonstrasikan teks prosedur pendaftaran peserta didik
10. Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan
santun, peserta didik memberikan pendapat untuk perbaikan kedua teks prosedur yang
telah diamati
|
70 menit
|
INTI
Pertemuan Kedua
|
1.
Guru menyediakan bagan prosedur mengurus e-KTP
2. Guru
meminta peserta didik
untuk secara berkelompok menyusun teks prosedur kompleks mengurus e-KTP dari bagan
prosedur mengurus e-KTP yang sudah
tersedia dengan menerapkan semua
kaidah yang menjadi ciri teks prosedur kompleks.
3. Tiap
kelompok berdiskusi untuk menyusun teks prosedur kompleks dalam mengurus e-KTP yang tepat dan benar
4. Tiap-tiap kelompok
menyajikan hasil penyusunan teks prosedur kompleks dalam mengurus e-KTP
5. Tiap-
tiap kelompok menanggapi penyajian hasil penyusunan teks prosedur
kompleks dalam mengurus e-KTP
6. Tiap-tiap
kelompok menilai pekerjaan kelompok lain
7. Penguatan
dari guru.
Guru
memberikan tugas rumah secara mandiri
kepada peserta didik
untuk menyusun dan menulis teks prosedur kompleks cara mengurus kartu
pelajar yang masih acak (disediakan
oleh guru)
|
70 Menit
|
PENUTUP
|
1. Guru bersama dengan peserta didik membuat rangkuman
2. Melakukan refleksi, misalnya menanyakan kesulitan yang dialami peserta
didik dalam proses pembelajaran.
3. Guru melakukan post tes dengan cara tanya jawab tentang prosedur
pembuatan e-KTP elektronik
4. Siswa
dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5. Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk mengakiri
pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
10 menit
|
H.
Penilaian
a)
Jenis/Teknik Penilaian
Jenis / Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Observasi
|
Lembar pengamatan sikap dan
rubrik
|
Tes Tulis
|
Tes Uraian:
1)
Pilihlah satu
topik tentang prosedur pembuatan sesuatu (pengurusan SIM, KTP, dll.)
2)
Buatlah prosedur pembuatan e-KTP!
|
Tes Praktik
|
a. Menyusun teks prosedur penerimaan peserta didik baru
b. Menjelaskan secara rinci prosedur pembuatan e-KTP menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
b)
Bentuk
Instrumen
Ø Lembar
Penilaian Sikap
No
|
ASPEK YANG DIAMATI
|
BT
|
MT
|
MK
|
1
|
Penggunaan bahasa Indonesia
dengan baik dan benar didalam dan diluar kelas
|
|
|
|
2
|
Tidak menjiplak pada
kegiatan menulis teks orang lain
|
|
|
|
3
|
Tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas
|
|
|
|
5
|
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan kritis tentang teks prosedur kompleks yang telah
disajikan
|
|
|
|
Keterangan :
BT : belum
teramati
MT : mulai teramati
MK : makin konsisten
Ø
Lembar Penilaian Keterampilan
Tujuan Pembelajaran
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1.Menjawab pertanyaan
bagaimana prosedur penerimaan peserta didik baru
|
Tes praktik
|
Keterampilan berbicara
|
Rubrik Penilaian
|
2. Menjelaskan secara rinci prosedur pembuatan e-KTP menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
Tes praktik
|
Keterampilan berbicara
|
Rubrik Penilaian
|
Ø
Lembar Penilaian
Pengetahuan
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Mengidentifikasi
struktur teks prosedur kompleks
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Latihan Soal
|
Mengidentifikasi kaidah
teks prosedur kompleks
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Latihan Soal
|
5.
Menanggapi isi teks prosedur kompleks
|
Tes unjuk kerja
|
Praktik
|
Rubrik Penilaian
|
6.
Membuat dan mendemonstrasikan teks prosedur
kompleks
|
Tes tertulis dan tes
unjuk kerja
|
Uraian
|
Latihan Soal
|
Gresik, 16 Desember 2013
Mengetahui
Kepala SMKN 1 Cerme Guru Mata Pelajaran
Verman
Dwi Suryadany, M.Pd Hidayatul
Ilmiah, S.Pd
NIP. 1903010220130316 NIP. 16032013020119
Tidak ada komentar:
Posting Komentar